APA UNTUNGNYA PUNYA SISTEM INFORMASI ? - GO Buat

APA UNTUNGNYA PUNYA SISTEM INFORMASI ?

  • Desember 31, 2018
  • Posted By admin

Sistem Informasi Komputer

Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan misalnya anda memiliki toko online dengan report yang lengkap maka anda segera mengetahui produk mana saja yang laris dan produk mana saja yang tidak laku sehingga anda dapat mengambil keputusan berdasarkan data dari sistem informasi.

Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi dengan meringankan kerja manusia. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya untuk kepentingan – kepentingan dari organisasi anda.

Kontent Wajib Dari Sistem Informasi

Akurat
(Accuracy)

informasi harus akurat, tidak boleh bias atau menyesatkan bagi pemakai atau bebas dari kesalahan, dan harus jelas mencerminkan dari informasi yang disampaikan oleh sistem informasi. Ketidak akuratan informasi biasanya dapat terjadi karena adanya gangguan terhadap sumber informasi (data yang didapat) sehingga merusak atau merubah data atau bisa juga dari sumber daya manusianya yang ingin mengakali cara kerja sistem informasi tersebut.

Relevan
(Relevancy)

informasi akan relevan jika dapat memberikan manfaat bagi pemakai
(user) dengan melihat adanya relevansi dengan kebutuhan para pemakai, misalnya mahasiswa ingin melihat nilai mereka secara online maka mahasiswa akan login ke sistem informasi kampus dengan NIM dan Password mereka masing-masing agar dapat melihat nilai dengan cepat.

Tepat waktu
(Timelines)


suatu informasi yang berasal dari pengolahan data tidak boleh terlambat (delay) Informasi yang datang terlambat menjadi tidak akan berguna (useless) karena kebutuhan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan yang saling terhubung ke setiap level login. Bila penganbilan keputusan terlambat telah menjadi kusang atau usang (timeless) sehingga tidak akan menjadi penting lagi dan tidak dapat lagi untuk mempengaruhi dalam pengambilan suatu keputusan dalam organisasi atau dalam perusahaan dalam mencari solusi permasalah yang ada. Dewasa ini mahalnya informasi disebabkan harus tepat cepat informasi didapat,sehingga diperlukan teknologi mutakhir untuk mengolah dan mengirim data datanya oleh karena itu kami telah menyiapkan beberapa sistem informasi yang siap anda gunakan secara bebas dan gratis.

Contoh Sistem Informasi Akutansi

Sistem informasi akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, menyimpan dan mengolah data keuangan dan akuntansi yang digunakan oleh pengambil keputusan pihak yang berkepentingan. Informasi akuntansi merupakan sistem yang umumnya berbasis komputer dan metode untuk melacak kegiatan akuntansi dalam hubungannya dengan sumber daya teknologi informasi dengan cepat dapat melihat neraca dan arus kas dari perusahaan. Hasil laporan-laporan keuangan dapat digunakan secara internal oleh manajemen atau secara eksternal dengan pihak lain yang berkepentingan seperti investor, kreditur dan otoritas pajak yang tidak perlu lagi di buat dengan menghitung manual, sistem informasi akuntasi akan menghitungnya secara otomatis dan akurat. Sistem informasi akuntansi dirancang untuk mendukung semua fungsi akuntansi dan berbagai kegiatan termasuk auditing, akuntansi keuangan & pelaporannya, manajerial/ manajemen akuntansi dan pajak sehingga anda tidak perlu lagi repot – repot menghitung data secara manual. Yang paling banyak mengadopsi sistem informasi akuntansi adalah audit dan modul pelaporan keuangan dan organisasi-organisasi yang ingin keuangan mereka sehat.

Fungsi dibentuk SIA pada sebuah organisasi / perusahaan adalah :

  1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi secara real time yang dapat di akses oleh pemangku kepentingan secara cepat dan akurat.
  2. Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan dimana data langsung dapat di lihat di kekuranganya.
  3. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi agar tidak merugikan organisasi.

Buat Sistem Informasi Mudah Dengan WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine) yang dapat membuat sistem informasi secara cepat. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL maka akan berjalan secara online, misalnya sistem informasi website sekolah.

WordPress menjadi Framework Sistem Informasi saya rasa sudah tidak perlu diragukan lagi karena saya rasa sangat cepat, dengan waktu 14 hari website anda sudah online.

Pada proses pembuatan sistem tersebut, langkah-langkah yang saya lakukan adalah :

  1. menginstall paket WordPress terbaru pada domain web yang disediakan sehingga tinggal melakukan customize saja
  2. menginstall seluruh plugin yang dibutuhkan untuk website publik dalam memberikan informasi akurat dan cepat
  3. membuat plugin sistem informasi yang mencakup beberapa kemampuan yang dibutuhkan oleh customer


Hal penting dari pembuatan plugin sistem informasi tersebut adalah pembuatan User Capability yang baru, sesuai kebutuhan pihak yang berkempentingan. Seperti kita tahu WordPress mempunya beberapa level User (dari 0 – 10) dengan atribut Administrator sampai dengan Subscriber sehingga setiap login dari user memiliki fitur masing-masing. Kita harus membuat capability baru khusus untuk sistem informasi kita, sehingga seorang user dengan level Operator Program Studi misalnya, hanya akan melihat menu-menu khusus operator/manajemen program studinya saja sehingga user lain seperti dosen tidak dapat melihat menu- menu khusus operator

.

Manfaat Dari Sistem Informasi

  1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara yang membuat susah pihak yang berkepentingan.
  2. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara cepat dan akurat.
  3. Mengembangkan proses perencanaan yang efesien dan efektif sehingga dapat meringankan beban dari organisasi / perusahaan.
  4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi secara cepat.
  5. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi sehingga data tersebut tetap valid
  6. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka kepada customer.
  7. Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi dan juga bisa melihat customer mana saja yang loyalitas dan tidak.

Category